Skip to main content

follow us

Tablet banyak digunakan sebagai multimedia player atau penunjang media hiburan. Karena kecakapannya dalam mengakses layanan data, Anda bisa melakukan banyak hal dengan tablet seperti browsing, berkirim email atau chatting. Popularitas tablet makin meningkat seiring dengan maraknya penggunaan Facebook dan Twitter oleh masyarakat.

Ada 2 tipe tablet yang beredar di pasaran sehubungan dengan penggunaan tablet pada fitur dan layanan data. Ada tablet yang mengandalkan kanal WiFi, ada juga tipe tablet lainnya yang mencakup fitur WiFi dan 3G.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi pembeda antara tablet WiFi dan tablet 3G.

Tablet WiFi

Tablet tipe ini biasanya digunakan khusus untuk urusan pekerjaan. Sementara fungsi telepon dan sms telah dapat dipenuhi oleh telepon seluler atau smartphone. Hal  yang terpenting adalah tablet dapat memenuhi beberapa kriteria seperti kelengkapan fitur multimedia, akses data yang cepat, dan sebagai pendukung dari segi hiburan.

Beberapa contoh tablet WiFi yaitu Cyrus Atom Pad, MoviMax P1, IMO Tab Mars, iPad Mini, dan Asus Google Nexus 7.

Tablet 3G

Tablet tipe ini dapat dipilih bagi Anda yang ingin mempuynai tablet dengan kemampuan lengkap. Selain untuk browsing, juga dapat dibuat untuk telepon dan sms. Walaupun fungsi telepon sering tidak banyak digunakan dan hanya sebagai pelengkap.

Pada beberapa tipe tablet lokal ada yang menyertakan kecakapan memuat dual SIM. Kartu SIM pertama difungsikan untuk pemakaian data. Sedangkan kartu yang ke-dua disiapkan untuk memenuhi paket telepon dan sms murah.

Pilih Tablet WiFi atau 3G?

Faktor Harga

Tablet yang hanya mengandalkan kemampuan WiFi cenderung berharga lebih murah jika dibandingkan dengan tablet yang versi 3G. Untuk tablet-tablet lokal, ada yang bisa didapatkan dengan harga di bawah sejuta rupiah.

Sarana Pendukung WiFi

Jika Anda memilih tablet WiFi, pastikan lokasi dan sarana pendukung memadai untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Untuk Anda yang tinggal di kota-kota besar, banyak area hotspot yang tersedia sehingga anda tidak perlu kesulitan ketika melakukan browsing. Di rumah, Anda juga bisa berlangganan layanan WiFi yang biasa dipasang di area perumahan.

Bila Anda tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan atau kota-kota besar, di tempat-tempat seperti ini jangkauan jaringan WiFi masih belum luas sehingga ada baiknya Anda memilih tablet berkemampuan 3G.

Gunakan Dongle USB

Anda tetap bisa memanfaatkan dongle USB modem pada tablet WiFi. Dengan demikian, Anda tetap dapat menikmati layanan data walaupun berada di luar jangkauan WiFi. Tetapi, jika hal ini dirasa tidak praktis, sebaiknya Anda memilih tablet 3G yang lebih praktis karena tanpa harus direpotkan dengan sistem koneksi USB yang ada.

Dukungan Layanan Data Operator

Salah satu kelemahan yang terdapat pada tablet WiFi adalah minus layanan data operator karena hanya mengandalkan WiFi. Sementara pada tablet 3G, Anda bisa memanfaatkan paket data yang disediakan oleh operator. Anda tinggal menyesuaikan paket dengan kebutuhan penggunaan data. Silakan dipilih, mau yang berdasarkan waktu atau kuota.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar