Skip to main content

follow us

Baterai dengan kapasitas besar memang saat ini sudah melengkapi perangkat smartphone yang beredar di pasaran. Tetapi, hal ini tetap mengandung risiko kehabisan baterai ketika berada di tengah jalan.

Memang bukan hal yang menyenangkan saat kehabisan baterai ponsel ketika sedang menghadapi momen-momen penting. Kalau sudah begini tentu kita akan mencari cara bagaimana untuk menghemat baterai ponsel atau smartphone.

Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat daya baterai smartphone.

1. Matikan Sinyal Radio
Smartphone bisa saja kehilangan sinyal saat berada di daerah tertentu. Hal ini dapat disebabkan oleh jauhnya lokasi menara pemancar sinyal atau memang trafiknya yang sedang penuh. Sistem smartphone akan terus mencari koneksi terbaik jika sinyal sedang hilang atau lemah. Upaya pencarian sinyal ini bisa membuat baterai terkuras dengan cepat. Nah, bila pengguna yakin tidak akan mendapatkan sinyal dalam beberapa waktu, maka sebaiknya matikan sinyal radio. Selain itu, matikan pula fitur WiFi dan Bluetooth jika tidak sedang digunakan.

Indikator Baterai Gadget

2. Matikan Fitur Getar
Ketika kita sedang berada di ruang rapat, dalam berkendara, atau tempat lain di mana ponsel membutuhkan kondisi "silent",  fitur getar ini sangat membantu jika ada panggilan telepon atau pesan yang masuk. Tetapi, fitur ini memerlukan daya baterai yang lebih besar dibandingkan dengan ringtone biasa. Nah, jika sedang tidak memerlukan fitur getar ini, maka sebaiknya matikan saja fitur getar smartphone.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan
Salah satu penyebab baterai cepat habis adalah membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang telah tidak dibutuhkan lagi.

4. Redupkan Layar
Semakin cerah tampilan layar, maka akan membuat baterai semakin cepat habis. Oleh sebab itu, redupkan atau matikan layar jika tengah tidak digunakan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar