Skip to main content

follow us

Jika kita meremehkan bagaimana cara mengecas baterai ponsel yang benar, maka hal ini bisa membuat baterai dan ponsel yang kita punyai akan tidak tahan lama digunakan. Pengecasan baterai ponsel tidak sesuai prosedur yang benar bisa menjadi salah satu penyebab baterai menjadi cepat ngedrop dan rusak.

Berikut ini adalah cara tepat dan benar dalam mengecas baterai ponsel supaya baterai gadget kita cepat penuh dan juga tahan lama untuk dipakai.

Jangan Sampai Kehabisan Daya Baterai Secara Total
Mengecas baterai smartphone sampai benar-benar habis cuma berlaku untuk baterai yang berbahan nikel. Tetapi, baterai jenis tersebut kini telah mulai ditinggalkan. Bila baterai gadget yang kita miliki adalah jenis Li-ion, maka sebelum daya baterai benar-benar habis total, segeralah lakukan pengecasan.

Sebaiknya baterai ponsel dengan bahan Li-ion dirawat dengan cara mengecas saat daya baterai masih menyisakan energi minimal sebesar 20%. Selain itu, baterai Li-ion ini juga dalam sebulan sekali perlu digunakan sampai habis untuk selanjutnya dicas penuh guna kalibrasi baterai tersebut. Jadi, bukannya malah dihabiskan setiap kali ingin mengecas.

Cara yang Tepat Mengecas Baterai Ponsel

Jangan Mengecas Baterai Secara Berlebihan
Kadang-kadang kita sering mengecas smartphone selama semalaman dengan menyolok pada stop kontak di dinding karena kelupaan atau hal yang lainnya. Hal seperti ini bisa menyebabkan baterai menjadi cepat rusak. Jadi, segeralah mencabutnya bila baterai sudah penuh terisi. Atau dapat pula dengan memakai power bank yang memiliki fitur memutus arus dan mati jika baterai sudah penuh sehingga tidak men-charger berlebih.

Jangan Meletakkan Gadget di Tempat yang Panas
Baterai akan menjadi cepat rusak bila berada pada suhu yang ekstrim. Oleh karena itu, letakkan gadget pada tempat yang sejuk.

Gunakan Kabel Charger Bawaan Gadget
Kabel charger bawaan gadget telah disesuaikan dengan gadget kita agar menghantarkan arus yang stabil. Arus yang masuk cenderung tidak stabil bila menggunakan kabel yang lainnya.

Charge Baterai ke Soket Listrik Secara Langsung
Hal yang direkomendasikan sekali adalah mengecas baterai ke soket listrik secara langsung. Meskipun sekarang ini bermunculan alat pen-charger baterai dengan sistem nirkabel, namun hal tersebut tetap saja akan menimbulkan panas yang tidak stabil dan membawa dampak yang tidak baik bagi baterai gadget kita. Di samping itu, menghubungkan charger secara langsung dengan soket listrik juga lebih cepat dan aman dibanding menghubungkan ponsel dengan USB komputer atau laptop memakai kabel data atau charger.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar