Skip to main content

follow us

Tablet adalah perangkat yang mempunyai banyak fungsi atau kegunaan. Keberadaannya dapat menggantikan beberapa produk sekaligus. Untuk membunuh waktu luang, tablet juga bisa dijadikan teman bermain game.

Ketika memilih tablet game, perlu diperhatikan terlebih dahulu spesifikasi apa yang dipunyai oleh tablet tersebut. Berikut beberapa kriteria dan persyaratan yang bisa dijadikan panduan agar Anda bisa memilih tablet game dengan tepat.

1. Kemampuan Prosesor dan Grafis

Game-game kelas atas biasanya membutuhkan chipset atau GPU sejenis Adreno 205, PowerVR SGX 540 atau Nvidia GeForce (Nvidia Tegra). GPU yang bagus secara langsung bertanggung jawab terhadap gameplay yang halus, frame rate yang tinggi, dan perpindahan antar-scene yang stabil.

Dari segi prosesor, minimal 1 GHz dengan kriteria berbeda pada masing-masing game. Akan lebih baik jika tablet sudah didukung dual core terlebih lagi yang quad core. Dipastikan tablet tersebut lancar dalam memainkan beragam klasifikasi game.

2. Kapasitas RAM dan ROM

Agar tampil oke, kapasitas RAM dan ROM sebesar 1 GB jadi faktor yang harus diperhatikan. Tablet high end telah menyediakan dukungan spesifikasi yang cukup agar hadir dengan tampilan grafis dan kualitas yang menawan.

3. Resolusi Layar Tinggi (High Definition)

Resolusi layar yang sudah sekelas layar HD akan menampilkan tingkat kedalaman, ketajaman, dan detail warna lebih nyata. Layar True HD dengan resolusi 720 x 1280 piksel sangat memberikan kenyamanan ketika bermain di tablet. Dari sisi kedalaman warna, rata-rata harus berkekuatan 256 ribu warna. Lebih baik lagi dengan 16 juta warna sehingga tablet bisa mengakomodir kemampuan bermain game secara apik.

4. Tersedia Port HDMI

Port HDMI berfungsi untuk memindahkan tampilan game ke televisi layar lebar. Port ini diperlukan bagi gamer yang tidak puas dengan luasnya pandangan ketika memainkan di tablet.

5. Dukungan Vendor Games

Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah dukungan vendor game. Contohnya yaitu GameLoft dan EA.

6. Dukungan Dolby Mobile

Game-game level menengah memerlukan dukungan suara yang memadai sehingga suara yang keluar ketika bermain game akan terasa lebih nyata. Untuk itu diperlukan tablet yang mendukung peningkatan suara audio lewat fitur Dolby Mobile atau semacamnya.

7. Kapasitas Baterai

Konsumsi baterai menjadi lebih boros seriring dengan seringnya bermain game di tablet. Minimal kapasitas baterai di atas 4000 - 5000 mAh sehingga Anda tidak perlu terus-menerus melakukan charge tablet.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar