Skip to main content

follow us

Musim hujan merupakan musim di mana langit lebih sering mendung dan hujan tentunya. Pemotret sering khawatir dengan langit mendung ini karena warna cenderung redup dan suram.

Tips Memotret Ketika Mendung

Sebenarnya ketika mendung merupakan kondisi yang bagus untuk memotret alam karena cahaya lebih lembut dan tersebar. Namun, bila tidak hati-hati, maka cuaca buruk dapat merusak hasil foto Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa tips Doug Sahlin dari Digital Landscape and Nature Photography For Dummies. 

1. Gunakan Image Stabilizer atau Tripod

Anda akan bekerja dalam kondisi kurang cahaya ketika memotret dalam cuaca mendung sehingga membutuhkan kecepatan pemotretan yang rendah. Oleh karena itu, aktifkan fitur image stabilizer atau pakai tripod. Gunakan timer supaya kamera tidak goyang ketika memotret objek. Bila tidak ada, pakai sesuatu sebagai sandaran kamera ponsel.

2. Gunakan Bukaan Besar Bila Ada

Bukaan ini bertanda angka yang artinya satu per angka tersebut dalam satuan detik. Fitur ini jarang ada di kamera ponsel. Biasanya dibutuhkan bukaan kecil supaya foto terekam lebih tajam ketika memotret alam. Namun, kita harus kompromi dalam kondisi kurang cahaya. Contohnya, bila biasanya dipilih bukaan 1/16 detik, maka menurunkan menjadi 1/8 detik masih bagus.

3. Mengubah Fokus Objek

Untuk meningkatkan ruang tajam di bagian depan, fokuskan pada dua pertiga objek yang tampak di layar.

4. Mencari Titik Pusat Perhatian

Hal ini akan terasa lebih penting ketika langit sedang mendung dan jarak pandang terbatas meskipun aturan ini berlaku untuk semua kondisi pemotretan.

5. Memeriksa Hasil Foto

Kamera mungkin kesulitan untuk mengukur pencahayaan secara benar selama cuaca buruk. Kamera mungkin merekam objek secara kurang cahaya dalam cuaca berkabut. Kamera mungkin menaikkan bukaan dan menghasilkan foto yang lebih terang dari seharusnya dalam cuaca berangin.

6. Mengatur Kompensasi Bukaan

Kamera mungkin menghasilkan foto yang lebih terang atau lebih gelap dari yang terlihat. Untuk menggelapkan foto dan sebaliknya, turunkan kompensasi bukaan. Di setting kamera, fitur ini berupa EV dalam kisaran -2, -1, 0, +1,+2.

7. Memotret dari Dalam Mobil

Memotret melalui jendela dapat dilakukan bila cuaca semakin buruk. Pastikan kaca mobil bersih dan dekatkan kamera ke kaca supaya terhindar dari pantulan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar