Skip to main content

follow us

Perkembangan teknologi televisi makin meningkat saja dari hari ke hari. Hal ini sudah berbeda jauh saat televisi ditemukan pada awal tahun 1900-an. Contohnya saja, LCD TV dan LED TV. Beberapa produsen ada yang menawarkan televisi dengan fitur internet atau fitur 3D.

Secara teknis, LED TV sebenarnya juga merupakan LCD TV karena layarnya menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display). Perbedaannya terletak pada sisi penyinaran. LCD TV menggunakan fluorescent (neon), sedangkan LED TV menggunakan Light Emitting Diodes (LED).

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan atau plus minus LCD TV dan LED TV yang dilihat dari beberapa sisi.

Gambar

Secara teknis, layar yang digunakan keduanya adalah sama. LED TV biasanya menghasilkan warna hitam, akurasi warna, dan kontras yang lebih bagus dibandingkan LCD TV.

Harga

Harga LCD TV sudah turun dan lebih murah bila dibandingkan LED TV yang mulai menguasai pasar.

Hiburan

Bila Anda ingin menyambungkan konsol game ke monitor televisi, sebaiknya pilih LCD TV karena LCD TV minim risiko burn-in atau efek bayangan di layar seperti yang terjadi di plasma TV.

Konsumsi Energi

LED TV jauh lebih hemat energi karena lebih sedikit menggunakan lampu untuk menampilkan gambar. LED TV menghasilkan kualitas gambar yang lebih dengan penggunaan tenaga yang lebih sedikit dibanding LCD TV.

Ukuran

Ukuran LED TV lebih tipis dan kompak dibandingkan LCD TV. Komponen LED TV dapat dipasang ditempat yang lebih kecil dibandingkan lampu neon di LCD TV. Dengan demikian, beban dan ukuran LED TV bisa dikurangi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar