Skip to main content

follow us

Risiko gadget terjatuh ke dalam air atau tersiram cairan tetap ada meskipun berbagai cara telah dilakukan untuk melindunginya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk menyelamatkan gadget Anda seandainya hal tersebut terjadi.

Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk menyelamatkan gadget Anda bila tercemplung ke air.

1. Jangan Menyalakan Gadget

Terkadang kita penasaran untuk menyalakan gadget setelah tercemplung di air guna mengetahui apakah gadget kita rusak atau tidak. Sebaiknya Anda jangan melakukan hal tersebut sebab akan memperparah keadaan.

Kemungkinan besar air sudah masuk ke dalam perangkat dan membasahi papan sirkuit di dalamnya meskipun Anda sudah membersihkan atau mengelap permukaan gadget. Anda jangan buru-buru menyalakan perangkat bila hal tersebut terjadi.

2. Melepas Semua Aksesoris

Bila dapat dilepas, buka penutup belakang gadget. Lepas semua aksesoris yang menempel, copot pula baterainya, kartu SIM, microSD yang melekat di dalamnya dan keringkan dengan menggunakan lap atau handuk yang berbahan lembut.

Samsung B2100 Xplorer

3. Membuang Kelembaban

Gadget yang terkena air masih mempunyai sifat lembab setelah dilap dan dikeringkan. Sisa-sisa air kemungkinan masih tertinggal di dalam perangkat. Letakkan gadget dalam tempat yang hangat untuk menghilangkannya. Masukkan ke dalam kantung udara kering atau menaruhnya di dalam beras. Hal ini efektif untuk menghilangkan kelembaban dan membantu proses pengeringan.

Selain itu, Anda dapat pula menaruhnya di bawah lampu yang terang dalam jarak yang dekat. Diamkan hingga beberapa saat sampai Anda telah yakin bahwa perangkat sudah kering.

Biarkan kelembaban hilang secara alami. Jangan memakai vacuum cleaner atau hair dryer untuk mengeringkan gadget sebab dapat berisiko merusak.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar