Skip to main content

follow us

Demam batu akik kini sedang mewabah di masyarakat Indonesia. Kunci untuk memperoleh foto batu akik yang bagus adalah terletak pada ketajaman, cahaya, bukaan (EV), urat, dan kilauan batu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengabadikan keindahan batu akik dari Gemphotography dan GIA.

1. Autofocus
Foto batu akik mesti tajam dan fokus sekali. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu  seberapa baik autofocus kamera. Pilihlah mode makro.

2. Fixed Focus
Kamera ponsel tanpa autofocus (cuma Fixed Focus dan EDoF) tidak bisa mengubah jarak fokus kamera, kurang tepat untuk foto yang memiliki jarak dekat. Bila terpaksa menggunakan ponsel fixed focus, maka jangan terlalu dekat ke objek. Jepret sekitar 30 cm atau pada jarak yang paling jelas. Tidak menjadi masalah walaupun nampak kecil. Sesudah memotret, lakukan crop foto. Jangan memakai digital zoom sebab foto akan menjadi pecah.

3. Aplikasi
Aplikasi yang bisa digunakan adalah Magnifier. Fokusnya cepat sekali sehingga ketika mengambil foto selanjutnya tidak membutuhkan fokus ulang.

4. Stabil
Foto yang tajam dan detil mengharuskan kamera diam. Gunakan tripod ponsel, dapat pula memakai tongsis atau sandarkan ponsel ke sesuatu yang kokoh. Pakai timer supaya kamera tidak bergoyang ketika menekan tombol foto.

5. Cahaya Cukup
Bauran cahaya matahari dari samping adalah sangat baik untuk melakukan pemotretan. Lampu pijar juga bisa karena cahayanya yang bagus dan alami. Kelembutan cahaya lampu pijar dapat mengurangi pantulan yang menyilaukan dan mengontrol bayangan.

Tips Memotret Batu Akik yang Baik

6. Dudukan
Letakkan batu akik pada posisi yang baik, terutama alur yang hendak ditonjolkan. Gunakan jepitan, lem atau selotip bening supaya dapat memperoleh posisi yang bagus.

7. Posisi
Ambil posisi yang terbaik dari batu akik. Upayakan ada semburat cahaya yang melintas melewati batu akik. Sedikit kilauan akan membuat foto menjadi lebih elegan.

8. Latar
Pilih bahan dan warna latar belakang yang cocok untuk batu akik. Bila batunya terang, maka pilihlah latar yang gelap. Namun, jika batunya gelap, maka pilih latar terang. Hal ini bertujuan agar ada kontras tinggi yang akan menarik perhatian. Latar berwarna putih akan memberikan kesan yang bersih. Sedangkan latar hitam berkesan dramatis.

9. Properti
Tambahkan benda pelengkap foto berukuran yang lebih kecil, tetapi jangan sampai mengganggu tampilan. Misalnya, tali kalung, ujung pulpen klasik, atau pojok buku bersampul bagus.

10. No Flash
Jangan menggunakan flash sebab jarak yang terlalu dekat ke objek akan membuat foto berlebihan cahaya dan kehilangkan detil. Flash juga dapat mengarahkan cahaya yang salah ke batu akik, terlalu keras dan membuat arah bayangan kurang tepat. Daripada pakai flash, gunakan senter besar yang cahayanya stabil dan terukur, dan dapat diubah jarak serta sudutnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar