Skip to main content

follow us

Banyaknya pilihan tablet membuat pasar tablet lebih berwarna dengan beragam fitur serta harga yang bervariasi. Hal ini membuat calon konsumen semakin dimanjakan. Nah, bagi Anda yang ingin membeli tablet multimedia, silakan simak tips-tipsnya di bawah ini.

1. Harga di Atas Rp 2,5 Jutaan

Harga yang ditawarkan oleh vendor lokal biasanya lebih terjangkau bila dibandingkan dengan tablet multimedia produk vendor branded. Bila mempunyai budget lebih sebaiknya pilihlah tablet multimedia dengan kisaran harga di atas Rp 2,5 juta. Karena tablet di kisaran harga tersebut menawarkan fitur dan hardware yang mumpuni sehingga calon pengguna akan terpuaskan dengan performa tablet tersebut.

2. Desain Simple dan Ringan

Pilihlah tablet dengan desain yang simple, ringan dan berukuran sedang sehingga akan memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya di manapun dan kapan pun. Selain itu, pilihlah material tablet yang tangguh. Material yang terbuat dari sintesis karena material tersebut mampu memberikan ketahanan terhadap debu, air dan guncangan.

3. Layar Capacitive Multitouch

Pilihlah layar tablet dengan teknologi layar sentuh kapasitif. Teknologi ini memungkinkan dukungan multitouch dan kepekaan tinggi terhadap sentuhan jari. Pilihlah resolusi layar sesuai dengan kebutuhan. Bila memerlukan file besar seperti video maka akan membutuhkan resolusi layar besar. Layar dibenamkan produk Apple telah mengadopsi teknologi canggih yaitu Retina Display. Teknologi tersebut diciptakan oleh Apple dengan memadukan teknologi IPS (In-Plane Switch) sehingga membuat retina mata tidak dapat membedakan individual piksel di layar. Hasilnya tampilan layar terlihat sangat halus dengan warna alami.

4. Sistem Operasi iOS, Android, dan Windows 8

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang menjalankan fungsi dari perangkat. Di pasaran, terdapat tablet dengan beberapa sistem operasi di antaranya adalah:

* Sistem Operasi iOS 6
* Sistem Operasi Android v4.1 Jelly Bean
* Sistem Operasi Windows 8

5. Prosesor Multicore

Semakin tinggi posesor yang digunakan akan mempercepat performa kinerja tablet PC dalam menjalankan menu dan aplikasi. Pilihlah tablet dengan kecepatan prosesor tertinggi untuk mendapatkan kualitas performa yang mumpuni. Di pasaran, prosesor yang dihadirkan biasanya mempunyai kecepatan multicore seperti prosesor keluaran Qualcomm, Exynos, Nivdia Tegra, MTK, dan lain sebagainya.

6. Fitur

Tablet yang beredar di pasaran biasanya dilengkapi dengan fitur sebagai berikut:

  • Teknologi WiFi dan HSDPA
  • Layar sentuh capasitive touchscreen
  • OS Android Ice Cream, OS Android Jelly Bean, iOS 6
  • Prosesor multicore
  • Fitur NFC (Near Field Communication)
  • Dual kamera beresolusi di atas 2 MP
  • Kualitas video High Definition (HD)
  • MP3/WAV/eAAC+/WMA player, Organizer, Image atau video editor
  • Kapasitas memori internal besar dan memori eksternal besar yaitu dapat diekspan hingga 32 GB
  • Kapasitas baterai besar, biasanya di atas 4000 mAh

7. Kapasitas Memori Internal dan Eksternal Besar

Tablet multimedia yang beredar di pasaran saat ini biasanya mempunyai kapasitas memori internal besar 8 GB dan dilengkapi memori eksternal besar, umumnya dapat ditingkatkan hingga 32 GB.

8. Baterai Berkapasitas Besar di Atas 4000 mAh

Hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih tablet multimedia adalah kekuatan baterai. Baterai dengan kapasitas besar akan mampu mempunyai daya tahan yang mumpuni. Pilihlah tablet dengan kapasitas baterai di atas 400 mAh karena biasanya dengan kapasitas tersebut kekuatan baterai dapat bertahan dalam keadaan aktif hingga 6 jam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar