Skip to main content

follow us

Tablet yang mempunyai sistem operasi Android dikenal dengan baterainya yang boros daya. Borosnya daya ini diantisipasi oleh vendor dengan menyematkan baterai berkapasitas besar, terkadang lebih besar dari baterai ponsel. Namun, hardware, software, serta hal lainnya yang ada pada sistem opersasi Android memang memerlukan daya yang besar.

Untuk itu, diperlukan adanya penyetingan pada tablet supaya baterai dapat bertahan lebih lama. Caranya adalah dengan mengatur semua fungsi, fitur, dan aplikasi yang digunakan secara cermat.

Berikut beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai tablet Android.

1. Nonaktifkan GPS, Bluetooth, dan WiFi Bila Tak Diperlukan

GPS, Bluetooth, dan WiFi dinyalakan hanya saat dibutuhkan saja. Fitur-fitur ini menyedot sumber daya baterai dengan cukup besar. Pasalnya, GPS akan terus berusaha terhubung dengan satelit atau jaringan operator. Sedangkan Bluetooth dan WiFi akan terus berusaha mencari koneksi yang tersedia.

Tips Hemat Baterai Tablet Android

2. Atur Mobile Network

Fitur ini bila diaktifkan terus juga akan menyedot baterai selain menguras pulsa karena akan terus-menerus terkoneksi dengan data atau internet. Untuk pengaturannya, masuk ke menu "Settings" > Wireless & Networks > Mobile Network > Enable Always On Mobile Data.

3. Pengaturan Screen, Timeout, dan Brightness

Hal lain yang bisa menguras baterai adalah tampilan active homescreen. Lakukan sedikit pengaturan di fitur ini. Pilih yang paling standar, contohnya 30 detik di menu "Settings" > Display > Screen Timeout.

4. Cermat Memilih Wallpaper

Penggunaan wallpaper yang bersifat 3D atau animasi dapat menyedot baterai. Pastikan menggunakan wallpaper standar untuk menghemat baterai. Untuk melakukan pengaturan ini, tekan menu di modus 'homescreen' > Wallpaper. Pengaturan ini bisa berbeda pada beberapa tablet.

5. Matikan Automatic Updates

Menu ini memang membantu untuk memantau aneka fasilitas atau fitur serta notifikasi penting lainnya. Tetapi, ada baiknya lakukan pengaturan secara berkala dengan cara masuk ke menu "Settings" > Account & Sync.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar